Kolaborasi KNPI dan ITERA Petakan Daerah Rawan Banjir Kota Bandarlampung

Kolaborasi KNPI dan ITERA Petakan Daerah Rawan Banjir Kota Bandarlampung

IMG 20220901 WA0661 Kolaborasi KNPI dan ITERA Petakan Daerah Rawan Banjir Kota Bandarlampung

REAKSI.CO.ID–Kolaborasi ITERA dengan DPD KNPI Provinsi Lampung telah menyelenggarakan kegiatan Pelatihan dan Sosialisasi Pemetaan daerah wilayah rawan banjir menggunakan teknologi Drone yang bertempat di Jalan Karimun Jawa Perumdam 4 Gg Wisma 1 dan 2 Sukarame Bandar Lampung, Kamis (1/9/22).

Pelatihan dan Sosialisasi Pemetaan Daerah Rawan Banjir ini merupakan inisiatis dari Jurusan Teknik Geodesi ITERA dan KNPI Provinsi Lampung untuk membantu pemerintah dalam mengatasi banjir yang sering terjadi di Kota Bandarlampung

Muhammad Abdul Mubdi Bindar (Perencanaan Wilayah dan Kota ITERA) mengatakan materi lapangan untuk hari pertama praktek Drone adalah pengenalan pengendalian sistem drone dan pembuatan jalur terbang untuk pemetaan foto udara serta pengambilan sampel foto udara di daerah Perumdam 4 Sukarame Bandarlampung.

Kapolres Lamtim : Terkait Kenaikan BBM, Jangan Panik Kita Tunggu Keputusan Resmi Pemerintah

“Dalam materi pengenalan pengontrolan drone,peserta diajarkan bagaimana caranya untuk takeoff dan landing perangkat drone secara manual dan automatis,” ujarnya.

 

IMG 20220901 WA0658 Kolaborasi KNPI dan ITERA Petakan Daerah Rawan Banjir Kota Bandarlampung
Saat pelatihan sosialisasi pemetaan wilayah rawan banjir di Kota Bandarlampung ( foto Dok)

Muhammad Abdul Mubdi Bindar Menambahkan, Peserta juga diberi penjelasan bagaimana menaikan dan menurunkan ketinggian drone serta mengarahkan drone sesuai ke tempat yang dituju. Materi selanjutnya adalah tentang perencanaan jalur terbang dan Ground Control Point (GCP) untuk proses pengambilan foto udara di daerah Perumdam 4 Sukarame Bandar Lampung.

Sementara, Ketua KNPI Provinsi bung Iqbal Ardiansyah mengatakan dengan terselenggaranya giat tersebut bersama ITERA dengan memanfaatkan teknologi Drone dapat lebih mudah dan lebih cepat untuk melakukan pemetaaan suatu masalah di suatu daerah.

Ketua LPKNI DPD Tanggamus Soroti Lapas Kelas II B Kotaagung Terkait Berita Dugaan Peredaran Narkoba, Pungli dan Alat Komunikasi

“Alhamdulillah, dengan KNPI Provinsi Lampung berkolaborasi dengan ITERA dan memanfaatkan teknologi sekarang ini kita bisa langsung melihat kondisi terkini suatu tempat atau daerah hingga kita bisa dengan mudah memetakan suatu masalah di daerah tersebut”sambutnya.

Bung Iq sapaan akrabnya mengharapkan nantinya KNPI Provinsi Lampung dapat terus membantu tiap-tiap daerah yang memerlukan Pelatihan dan Sosialisasi terkait Pemetaan Daerah Rawan Banjir untuk menanggulangi masalah banjir yang di Provinsi Lampung terkhusus di Ibukota Bandarlampung.

“Semoga nantinya KNPI dapat membantu tiap-tiap daerah yang memerlukan Pelatihan dan Sosialisasi terkait Pemetaan Daerah Rawan Banjir untuk menanggulangi masalah banjir di Provinsi Lampung khususnya Kota Bandarlampung” pungkasnya.

Dilain kesempatan, Ketua PK Sukarame Novi Agustina Wahyu Wardana berterimakasih sekali dengan adanya pelatihan dan sosialisasi pemetaan daerah rawan banjir ini. Novi berharap, dengan adanya sosialisasi tersebut Pemuda Kelurahan akan lebih mengetahui masalah banjir di lingkungannya. (Red)