Rel Amblas, Perjalanan Mudik KA Tanjungkarang-Kertapati Tertunda Kembali

Rel Amblas, Perjalanan Mudik KA Tanjungkarang-Kertapati Tertunda Kembali

IMG 20230429 WA0135 Rel Amblas, Perjalanan Mudik KA Tanjungkarang-Kertapati Tertunda Kembali

REAKSI.CO.ID–Rel Amblas, perjalanan mudik kereta api Tanjungkarang-Kertapati tertunda kembali, jalur kereta api area rel KM 206+0/2 antara Gilas – Sepancar yang ambles karena longsor hingga saat ini masih dalam perbaikan.

Akibatnya kejadian, beberapa perjalanan mudik kereta api (KA) lintas Stasiun Tanjungkarang-Baturaja-Kertapati pada Sabtu (29/4/2023) kembali dibatalkan.

Adapun, perjalanan KA yang dibatalkan beroperasi diantaranya KA Kuala Stabas (S6) Relasi Tanjungkarang-Baturaja yang keberangkatan dari stasiun Tanjungkarang pukul 06.30 WIB. Kemudian, KA Kuala Stabas (S5) relasi Baturaja-Tanjungkarang keberangkatan dari Stasiun Baturaja pukul 06.30 WIB.

Polda Metro Jaya Bubarkan Sekelompok Orang Blokade Jalan Tol Jatikarya

Selanjutnya, KA Ekspres Rajabasa (S12) relasi Tanjungkarang-Kertapati keberangkatan dari Stasiun Tanjungkarang pukul 08.30 WIB. Dan KA Ekspres Rajabasa (S11) relasi Kertapati-Tanjungkarang keberangkatan dari Stasiun Kertapati pukul 08.30 WIB.

“Sedangkan untuk perjalanan KA Kuala Stabas (S8) Relasi Tanjungkarang-Baturaja keberangkatan pukul 13.30 WIB, dan KA Kuala Stabas (S7) relasi Baturaja-Tanjungkarang keberangkatan nya pukul 14.00 WIB akan kami infokan lebih lanjut,” kata M Reza Fahlepi, Pelakhar Manager Humas Divre IV Tanjungkarang.

Reza mengaku, pihaknya telah melakukan berbagai langkah dan upaya untuk normalisasi pada jalur yang mengalami ambles tersebut.

“Seperti menguatkan pondasi, menambah batu balas atau kricak, dan memadatkan jalur KA dengan menggunakan alat berat serta melakukan penambahan jumlah personil di lokasi amblesan,” ujarnya.

Menurut Reza sebelumnya , penanganan normalisasi jalur sudah selesai dilakukan dan telah dilakukan ujicoba perjalanan kereta api melintasi jalur hilir tersebut dengan kecepatan terbatas mulai dari pukul 09.35 WIB hingga 16.14 WIB, Jumat (28/4).

Toko Sembako di Pandansari Kabupaten Pringsewu Kebakaran Usai Buka Puasa

“Namun, lokasi bekas amblesan tersebut kembali diguyur hujan cukup deras. Sehingga jalur kembali ambles dan menghambat penanganan” kata Reza.

Oleh karena adanya gangguan perjalanan KA ini, pihaknya meminta permohonan maaf kepada para pelanggan.

“Bagi para pelanggan kami mohon maaf. Dan disarankan untuk mencari alternatif transportasi lainnya,” jelasnya.(zld)