YBM PT PLN UIP3B Sumatera UPT Tanjungkarang Beri Bantuan Hewan Ternak di Desa Sabah Balau

YBM PT PLN UIP3B Sumatera UPT Tanjungkarang Beri Bantuan Hewan Ternak di Desa Sabah Balau

YBM PT PLN UIP3B Sumatera UPT Tanjungkarang Beri Bantuan Hewan Ternak di Desa Sabah Balau

REAKSI.CO.ID– Mengawali tahun 2023, Yayasan Baitul Maal (YBM) PT PLN (Persero) UIP3B Sumatera UPT Tanjungkarang kembali melaksanakan kegiatan bantuannya kepada 6 mitra binaan Kelompok Usaha Cahaya (KUC) berupa hewan ternak yaitu kambing di Desa Sabah Balau, Kecamatan Tanjungbintang, Kabupaten Lampung Selatan.

Ketua YBM PT PLN UIP3B Sumatera UPT Tanjungkarang Aris Munandar mengatakan kegiatan yang menelan biaya sebesar Rp.81.952.000 dalam bentuk hewan ternak kambing sebanyak 30 ekor, kandang dan obat-obatan hewan. Uang yang di kumpulkan tersebut berasal dari zakat, infak dan sedekah (ZIS) pendapatan profesi karyawan tersebut.

Kegiatan serupa yang sebelumnya pada tahun 2021 dilaksanakan di Kabupaten Pesawaran juga bertujuan untuk mendukung perekonomian warga sekitar gardu UIP3B Sumatera UPT Tanjungkarang.

“Kegiatan ini memang bukan kali pertama kami melaksanakan, kegiatan ini juga sebagai bentuk dukungan pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat, dalam hal ini juga kami telah bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan Hewan setempat untuk memantau kesehatan hewan ternak tersebut” kata Ketua YBM PT PLN UPT Tanjungkarang Aris Munandar, Kamis (5/1/23).

Warga Pekon Kandangbesi Kabupaten Tanggamus Pergoki Pasangan Diduga Mesum

Terlihat di lokasi kegiatan dihadiri Kepala Desa Sabah Balau Pujianto, Babinsa, tokoh masyarakat, tokoh agama dan beberapa aparatur pemerintah desa lainnya. di kesempatan tersebut, Aris juga menjelaskan YBM PT PLN UPT Tanjungkarang kali ini memberikan kambing berjumlah 30 ekor pada 6 mitra binaan KUC yang tersebar disekitar gardu PT PLN (Persero) UIP3B Sumatera UPT Tanjungkarang di Desa Sabah Balau, Kecamatan Tanjungbintang, Lamsel.

IMG 20230105 194031 YBM PT PLN UIP3B Sumatera UPT Tanjungkarang Beri Bantuan Hewan Ternak di Desa Sabah Balau
YBM PT PLN UIP3B Sumatera UPT Tanjungkarang Beri Bantuan Hewan Ternak di Desa Sabah Balau (Foto Reaksi.co.id)

“Kita memberikan 3 ekor betina dan 1 ekor jantan untuk setiap mitra binaan KUC, kita tidak meminta kembali hasilnya tapi kami berharap pada warga kelompok mitra binaan dapat menghasilkan, yang tadinya 5 jadi 10 dan seterusnya, kami juga terus memantau perkembangannya pada 10 bulan mendatang” ungkapnya di depan warga dan tamu undangan lainnya.

Ketua YBM PT PLN UIP3B Sumatera UPT Tanjungkarang juga menyampaikan terimakasihnya pada Pemerintah Provinsi Lampung atas dukungan pada program yang dilaksanakan juga mengimbau kepada masyarakat dan warga sekitar SUTT untuk bersama memantau, mengawasi jika ada tanaman mengenai jaringan SUTT atau anak-anak yang bermain layang-layang karena selain berpotensi kematian juga dapat menggangu jaringan tersebut.

“Tak lupa saya ucapkan terimakasih nya pada Pemerintah Provinsi Lampung dan pihak terkait atas dukungan program ini, bisa kita lihat bersama disamping kita ada jaringan SUTT, untuk itu kami berharap dan meminta bantuan warga sekitar semuanya khususnya penerima bantuan ini, bersama kita saling memantau, mengawasi dan melihat jika ada tanaman tumbuh sekitar tower akan sangat berbahaya sekali karena dapat menyebabkan kematian”jelasnya.

Bos Investasi Bodong DPO, Jejak Digital TPI Indikasi Pencucian Uang Keuntungan

Karena tower jaringan listrik SUTT yang terbuat dari besi, tak menolak kemungkinan adanya tindak pencurian, untuk itu Ketua YBM UIP3B meminta perhatian warga sekitar terutama penerima bantuan untuk dapat mengawasi atau mencegah hal yang tidak diinginkan terutama menjaga keselamatan warga sekitar dari area sekitar jaringan SUTT ditempatnya.

“Selain itu mohon perhatiannya untuk diawasi besi tower tersebut dari tindak pelaku pencurian dan kami berpesan agar dijauhkan anak-anak dan layang-layang dari sekitar tower karena berbahaya sekali jika sampai tersengat aliran listrik tersebut” harapnya.

Ditempat yang sama, Kepala Desa Sabah Balau, Kecamatan Tanjungbintang, Kabupaten Lampung Selatan Pujianto menyampaikan terimakasihnya atas perhatian YBM PT PLN UIP3B Sumatera UPT Tanjungkarang yang telah memberikan bantuan kambing pada KUC di daerahnya.

“Alhamdulillah terimakasih banyak kepada YBM PT PLN UIP3B Sumatera UPT Tanjungkarang bahwasanya kami warga desa sabah balau diberikan prioritas dari yayasan ke warga berupa bantuan kambing”katanya.

Kades Sabah Balau Pujianto juga mengharapkan bantuan kambing yang diberikan YBM PT PLN UIP3B Sumatera UPT Tanjungkarang dapat berkembang dengan baik dan hasilnya dapat dibagikan pada warga lainnya agar dapat sama-sama menjalankan program KUC.

“Moga apa yang diberikan akan menjadi amal jariyah kelak pada kita semua, harapannya setelah kambing ini diberikan dapat berkembang dan dapat berbagi pada yang lain”tandasnya.

Babinsa Desa Sabah Balau E Yurizal juga menyampaikan untuk tingkat keamanan di daerah wilayahnya diketahui aman, tertib dan terkendali.

“Untuk pelihara kambing atau tower jaringan SUTT disekitar sini, insyaallah amanlah, hampir gak pernah ada kejadian-kejadian yang tidak diinginkan disekitar sini, mudah-mudahan seterusnya begitu”.singkatnya. (Hanif)