Rumah Warga Tertimpa, Angin Kencang Tumbangkan Pohon Kelapa

Rumah Warga Tertimpa, Angin Kencang Tumbangkan Pohon Kelapa

IMG 20230127 220643 Rumah Warga Tertimpa, Angin Kencang Tumbangkan Pohon Kelapa

REAKSI.CO.ID—Sebuah pohon kelapa tumbang menimpa rumah warga akibat angin kencang yang menerpa daerah RT 03 Dusun Binangun Pekon Sudimoro Bangun Kecamatan Semaka Kabupaten Tanggamus, Kamis (26/1/23 sore.

Kapolsek Semaka Polres Tanggamus AKP I Ketut Gister mengatakan, pohon kelapa tumbang tersebut menimpa dapur milik Marino (60), pedagang sate warga Pekon Sudimoro Bangun, Semaka, Tanggamus.

“Pohon kelapa tersebut tumbang sekitar pukul 15.30 WIB, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut,” kata AKP Ketut mewakili Kapolres Tanggamus Polda Lampung AKBP Siswara Hadi Chandra, S.I.K.

Sering Pamer Kelamin pada Siswi di Lampura, Pria Paruh Baya Ditangkap

Kapolsek menjelaskan, berdasarkan pemeriksaan lokasi pohon kelapa yang tumbang mengalami patah lantaran lapuk pada atas akar, pohon itu sendiri tepat di atas dapur rumah korban.

“Dapur korban tidak lagi dipergunakan, hanya menjadi kandang ayam dan tempat penyimpanan barang, namun korban menderita kerugian sekitar Rp3 juta,” jelasnya.

Atas peristiwa tersebut, Kapolsek mengimbau masyarakat selalu mengantisipasi dan waspada apabila memiliki pohon besar di dekat rumah.

“Untuk mencegah kejarian serup, masyarakqt agar dapat antisipasi dan waspada pada saat cuaca angin kencang dan musim penghujan terutamah rumah yg berdekatan dengan pohon-pohon besar,” imbaunya.

Sementara itu, menurut korban Marino bahwa pohon kelapa tumbang tersebut adalah miliknya sendiri, yang saat kejadian, ia dan keluarganya sedang berada di bagian belakang rumah membuat sate.

Jumat Curhat, Kapolsek Kemiling Serap Aspirasi dan Masukan dari Masyarakat

“Saya dan keluarga juga dibelakang rumah sedang membuat sate untuk dijual, dapur yang tertimpa memang sudah tidak dipergunakan hanya diisi barang-barang,” kata Marino.

Marino menyebut, bahwa ia tidak menduga pohon kelapa tersebut dalam kondisi lapuk pada bagian dalam pohon, sebab bagian kulit kelapa dalam keadaan bagus.

“Ya enggak menduga karna kulit kayunya bagus, enggak taunya didalamnya kropos. Kerusakan yang diderita berupa dapur yang dipakai gudang serta kandang ternak yang terbuat dari kaya beratap seng,” tutupnya. (Red)