Optimalkan Performa Media Online, SMSI Bandar Lampung Gelar Pelatihan Teknik SEO

Optimalkan Performa Media Online, SMSI Bandar Lampung Gelar Pelatihan Teknik SEO

IMG 20230123 WA0093 Optimalkan Performa Media Online, SMSI Bandar Lampung Gelar Pelatihan Teknik SEO

 

REAKSI.CO.ID— – Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kota Bandar Lampung akan menggelar Pelatihan Teknik SEO (Search Engine Optimization) bagi wartawan dan editor media yang tergabung dalam organisasi. Kegiatan ini akan berlangsung Sabtu, 21 Januari 2023 di Sekretariat SMSI Bandar Lampung.

Pemimpin Redaksi Aspirasiku Yoga Pratama yang juga pemateri pada pelatihan ini menjelaskan SEO telah menjadi kebutuhan bagi pelaku usaha yang menjalankan bisnis digital seperti media online.

Menurut Penulis Novel Begal Cinta itu, campur tangan SEO dalam penulisan berita atau artikel dapat membantu mendongkrak performa tulisan, sehingga mudah ditemukan di mesin pencarian seperti Google.

Warga Pekon Kandangbesi Kabupaten Tanggamus Pergoki Pasangan Diduga Mesum

“Misalnya saja, penggunaan judul yang sesuai SEO, kemudian ditambah artikel yang sesuai SEO, ini akan mendorong mesin pencari seperti Google merayapi artikel yang seseorang buat,” ungkap Yoga, di sela persiapan kegiatan, Jumat (20/1/2023).

Ia melanjutkan, kaidah SEO di judul, artikel, juga pada keterangan foto, menjadi dasar yang harus dipahami seorang penulis konten. Karena pada dasarnya, salah satu kaidah dalam SEO, salah satunya penggunaan kata kunci dalam judul maupun isi artikel.

Hal prinsip sederhana yang akan dibahas dalam materi SEO dalam media online ini harus menerapkan prinsip people, place, things (PPT) atau orang, tempat, benda.

People itu misalnya seperti nama orang, lembaga kelompok, nama merk, yang akan digunakan sebagai subjek dalam berita. Lalu, place berupa tempat, misal, seperti Kota Bandar Lampung atau kota lainnya, Kabupaten, Desa, Provinsi.

“Itulah yang nantinya akan menjadi predikat dalam berita, termasuk judul,” imbuhnya.

Terakhir things, ini sebuah peristiwa yang terjadi. “Jadi apa yang akan dibahas isunya, misal sebuah kegiatan, apa nama kegiatannya, apa hasil kegiatannya,” tandas pria yang akrab disapa Goy di kalangan jurnalis Lampung ini.

Pelaku UMKM dan Koperasi Diberi Bantuan dari Pemerintah Kota Bandar Lampung

Ketua Panitia M. Ridho Azhari yang juga Ketua Bidang Teknologi dan Informasi SMSI Bandar Lampung berharap pelatihan ini mampu meningkatkan kemampuan para jurnalis dan editor dalam mengoptimalkan kinerja media online masing-masing. (zld/red)