Hari Terakhir UM, MTsN 1 Lamsel Dikunjungi KaKan Kemenag Kabupaten Lampung Selatan

IMG 20220419 WA0112 scaled 1 Hari Terakhir UM, MTsN 1 Lamsel Dikunjungi KaKan Kemenag Kabupaten Lampung Selatan

INFOSOSIAL.ID–MTsN 1 (Humas)—Hingga hari terakhir, Ujian Madrasah di MTsN 1 Lampung Selatan berjalan dengan lancar. Dalam Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Madrasah atau POS UM Tahun 2022.

Waktu pelaksanaan diserahkan kepada masing-masing Madrasah. 11 s/d 19 April 2022 waktu yang diambil oleh MTsN 1 Lampung Selatan. Hari terakhir UM, Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Lampung Selatan secara langsung memonitoring pelaksanaan UM. (19/04)

KaKan Kemenag, Ashari hadir didampingi langsung Kasi Penmad, Aprizandi. Rombongan diterima langsung oleh Kepala Madrasah, Abdurahman, Kaur TU, Abdul Rohman serta Waka Kurikulum, Heru Kuncara.

Sebanyak 22 Orang Ikuti Seleksi Faktual Capim Baznas Provinsi Lampung Periode 2022-2027

Dalam arahannya, Ashari mengatakan ujian madrasah tetap harus mengikuti POS UM yang berlaku, sehingga administrasi serta kelengkapan UM harus lah dipenuhi. Karena, bukan hanya siswa yang melaksanakan UM, namun madrasah juga harus tetap memenuhi standar POS-nya.

“Alhamdilillah Pelaksanaan UM di MTsN 1 Lamsel berjalan dengan tertib, semua terkoordinir dengan baik, siswa maupun pengawas ujian juga telah menerapkan protokol kesehatan selama ujian berlangsung. Lalu, sudah diterapkannya ujian berbasis online menandakan MTsN 1 Lamsel sudah tepat pelaksanaannya,”ungkapnya.

Selanjutnya, Menurut Ketua Pelaksana UM ,Heru Kuncara bahwasahnya mekanisme PAT bagi siswa kelas IX di laksanakan di Madrasah. Dengan membawa smartphone atau android dan dilaksanakan di Madrasah dengan menerapkan PTMT 50%, lalu pelaksanaanya masih secara online dengan memanfaatkan aplikasi e-learning Madrasah fitur Computer Based Test (CBT).

“Ujian Madrasah meruapakan keniscayaan bagi seluruh siswa kelas IX. Sebagai penilaian yang menjadi akumulasi dalam pelaksanaan kebutuhan pemenuhan nilai akhir nantinya, karena ini sangat penting bagi mereka guna sebagai penyokong nilai yang nanti tertuang di Ijazah,” ungkapnya.

Kunjungi MAN 2 Bandarlampung, Ini Kata Plt. Kakanwil Kemenag Provinsi Lampung

Dalam kesempatan lainnya, Kepala Madrasah, Abdurahman menyampaikan ungkapan terima kasih yang mendalam kepada KaKan Kemenag Kab. Lampung Selatan yang telah hadir dan meninjau langsung kegiatan UM di MTsN 1 Lamsel.

“Hadirnya KaKan Kemenag Kab. Lamsel ke Madrasah ini menjadi hal yang penting pada saat UM. Tentunya Madrasah mengucapkan terima kasih atas kehadiran dan arahannya pada saat monev berlangsung. Adapun kekurangan pada pelaksanaan UM tahun ini akan diperbaiki pada tahun berikutnya,”ujarnya.

Sebagaimana diketahui, kegiatan penilaian akhir kelas IX di madrasah untuk menentukukan kelulusan terdiri beberapa syarat. Mulai dari Penilaian Harian (PH), Penilaian Akhir Semester (PAS), Penilaian Akhir Tahun (PAT), dan Ujian Madrasah (UM). Ujian Madrasah meliputi seluruh mata pelajaran yang diajarkan pada kelas akhir satuan pendidikan, baik kelompok mata pelajaran wajib maupun muatan lokal. [Ardi]

Tinggalkan Balasan