Ketua FKUB Purna Irawan Pastikan Gereja Protestan Injil Nusantara (GPIN) Way Kadis Segera Ada Gereja

IMG20240522125344 scaled Ketua FKUB Purna Irawan Pastikan Gereja Protestan Injil Nusantara (GPIN) Way Kadis Segera Ada Gereja

Bandar Lampung – (Reaksi.co.id) Menanggapi perihal ratusan jemaat Gereja Protestan Injili Nusantara (GPIN) Filadelfia Way Kandis yang selama satu tahun terakhir masih belum memiliki tempat beribadahnya, Rabu (22/05/24).

Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Bandar Lampung Purna Irawan memastikan bahwa perihal itu telah diberikan jalan keluar atau solusi untuk para Jemaat GPIN Way Kandis, Rabu (22/05/24).

“Pemerintah Kota Bandar Lampung bersama FKUB sudah bergerak mencarikan jalan keluar supaya teman-teman jemaat GPIN juga dapat memiliki tempat peribadatannya sendiri,” kata Purna saat dikonfirmasi Lampung Today.com di Bandar Lampung, pada Rabu (22/05/2024).

Ia menjelaskan bahwa perihal ratusan jemaat GPIN Way Kandis yang selama satu tahun terakhir beribadah di Aula Polresta lantaran tempat Ibadahnya di Way Kandis Kecamatan Tanjung Senang tidak dapat digunakan karena belum memiliki izin lingkungan dari warga sekitarnya.

“Tentu, ini menjadi beban kita juga, pastinya teman-teman GPIN ingin segera memiliki tempat peribadatannya sendiri.” Ujar dia
Untuk itu, pihaknya saat ini telah bekerja sama dengan pihak CitraLand, yang kebetulan pengembang juga akan membangun gereja di Tempatnya.

“Jadi di CitraLand itu pengembang mau mendirikan gereja, saat itu kita inisiasikan bersama pemerintah agar tempat peribadatan tersebut dapat digunakan untuk semua kelompok umat Kristen,” sebutnya
Ia melanjutkan, bahwa saat ini proses itu sudah melalui musyawarah dengan pihak-pihak terkait dan pengembang juga sepakat atas insiasi tersebut.

“Harapan kita awalnya itu, di CitraLand bisa menjadi contoh perumahan kerukunan pertama di Lampung dengan dibangun semua fasilitas peribadatan semua agama ada di situ,” tuturnya.

Namun, pihak pengembang hanya bisa membangun Masjid dan Gereja. “Kami berikan rekomnya karena kita sudah sepakat kerjasama agar gereja tersebut dapat digunakan untuk semua kelompok jemaat,” katanya.

“Setelah itu dibangun, yang paling pertama kami beri yakni teman-teman dari GPIN Way Kandis, akan tetapi kita beri catatan bahwa Gereja tersebut tidak dapat dimiliki oleh satu kelompok saja.” jelasnya.

FKUB Bandar Lampung juga meminta kepada jemaat GPIN Way Kandis untuk lebih bersabar dan mudah-mudahan tidak terlalu lama proses perizinan pembangunan yang saat ini diurus oleh pihak CitraLand tidak terlalu lama bisa selesai.

Begitu juga pembangunannya, lanjut Purna menyampaikan bahwa, Wali Kota Bandar Lampung juga sangat memberikan perhatian terhadap kerukunan umat beragama.

“Begitu juga ucapan terima kasih dan apresiasi kepada pihak perumahan CitraLand yang turut serta berkomitmen tentang mengawal kerukunan umat beragama di kota tapis beseri ini,” tutupnya. (zld)