Rentan Kecelakaan, Pemkot Bandar Lampung Beri Asuransi pada Nelayan

Rentan Kecelakaan, Pemkot Bandar Lampung Beri Asuransi pada Nelayan

IMG 20230605 WA0089 Rentan Kecelakaan, Pemkot Bandar Lampung Beri Asuransi pada Nelayan

REAKSI.CO.ID—-Profesi seorang nelayan rentan mengalami kecelakaan saat berlayar dilautan lepas. Benturan ombak, cuaca yang tidak menentu, menabrak karang menjadi ancaman nyawa bagi para nelayan saat berlayar sehari-hari.

Hal itu yang disampaikan oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Bandar Lampung Erwin, saat Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung memberikan 1.442 polis asuransi kepada para nelayan di Aula Gedung Semergow, Senin, 05/06/ 2023.

Erwin menjelaskan hadirnya polis asuransi untuk nelayan terutama untuk nelayan kecil bertujuan melindungi keselamatan jiwa dan jaminan bagi keluarga yang ditinggalkan apabila nelayan dalam bekerja mengalami kecelakaan.

Dituding Oknum Pegawai Rutan Lakukan Pungli, Ini Reaksi Karutan Sukadana Lampung Timur

“Nelayan sudah harus sadar dan wajib memiliki asuransi demi keselamatan dirinya terutama pekerjaan mereka yang membahayakan,” kata Erwin.

IMG 20230605 WA0086 Rentan Kecelakaan, Pemkot Bandar Lampung Beri Asuransi pada Nelayan
Rentan Kecelakaan, Pemkot Bandar Lampung Beri Asuransi pada Nelayan (Foto Reaksi.co.id/Zaldi)

Ia juga berharap adanya polis asuransi dapat memberikan rasa nyaman dan perlindungan dalam bekerja sehari-hari guna meningkatkan produktivitas kerja para nelayan.

Erwin juga menjelaskan adapun tanggungan yang di cover oleh Pemkot Bandar Lampung melalui polis asuransi sebesar Rp 42 juta apabila nelayan mengalami kecelakaan tanpa cacat, Rp 68 juta apabila kecelakaan membuat nelayan cacat, dan santunan meninggal sebesar Rp 75 juta apabila nelayan meninggal dunia karena kecelakaan pada saat kerja.

“Dan kami juga dalam polis asuransi memberi beasiswa untuk dua orang anaknya yang totalnya beasiswa Rp 174 juta,” terangnya.

Sementara itu, Wali Kota Bandar Eva Dwiana berharap adanya polis asuransi untuk nelayan dapat meningkatkan produktivitas nelayan, dan tak perlu khawatir soal keselamatan kerja mereka.

“Insyaallah berjalan dengan lancar bapak-bapak mendapat ikan yang banyak dan memberikan yang terbaik,” jelasnya.

Eva menambahkan program jaminan asuransi ini merupakan program prioritas pemerintah. Menurutnya nelayan yang ada di Bandar Lampung dapat sejahtera dengan polis asuransi.

Serahkan LHP BPK RI atas LKPD Tahun 2022, Pemprov Lampung Kembali Raih Opini WTP ke 9 Kalinya

“Karena nelayan di Bandar Lampung belum sejahtera, semoga dengan adanya polis ini dapat melindungi kerja-kerja bapak,”tutupnya.(Zaldi)