PT PLN UPT Tanjungkarang Bantu Mitra Binaanya UMKM Bangkit Bersama Kembangkan Usaha

INFOSOSIAL.ID–Hari ini bertepatan dengan Hari Lahirnya Pancasila, PT PLN (Persero) UIP3B Sumatera UPT Tanjungkarang telah melaksanakan peresmian pelaksanaan program TJSL (Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan) tahun 2022, Rabu (1/6/22).

PT PLN (Persero) UIP3B Sumatera UPT Tanjungkarang meluncurkan program TJSL yang sebelumnya dikenal sebagai program CSR (Corporate Social Responsibility) yang tahun ini menetapkan bantuannya kepada Mitra Binaannya kelompok UMKM Bangkit Bersama di Desa Sumbersari Bantul, Kecamatan Metro Selatan, Kota Metro.

Supandi selaku Pembina dan Penasihat mewakili kelompok UMKM Bangkit Bersama menyampaikan ucapan terimakasihnya yang tak terhingga pada saat peresmian kepada PT PLN (Persero) UIP3B Sumatera UPT Tanjungkarang.

Ketua DPW LASQI Provinsi Lampung Kukuhkan Pengurus DPD LASQI Lampura

“Terimakasih PT PLN (Persero) UIP3B Sumatera UPT Tanjungkarang yang telah merespon dan menyetujui proposal dan permohonan mereka hingga akhirnya mereka dapat menerima bantuan TJSL tersebut saat ini”ucapnya.

PT PLN UIP3B Sumatera UPT Tanjungkarang mengambil tema program “Pengembangan Usaha Kerupuk Singkong dan Sale Pisang”, yang dilaksanakan di depan halaman rumah kediaman salah seorang pembina/penasihat kelompok UMKM Bangkit Bersama.

Secara singkat, Supandi juga mengutarakan niatnya untuk lebih semangat dan serius mengembangkan usaha kerupuk singkong dan sale pisang bersama kelompok UMKM Bangkit Bersama yang dibinanya.

“Dengan adanya bantuan TJSL PLN ini, untuk dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas produksi serta produktifitas usaha tersebut hingga pada akhirnya dapat meningkatkan hasil usaha dan pendapatan para anggota kelompok UMKM Bangkit Bersama”ujarnya.

Proyek PUPR Daerah Irigasi Way Sekampung Sub Punggur Nilai 79 Milyar Diduga Gunakan Tambang Pasir Ilegal

Agus Permadi selaku Lurah Sumbersari Bantul mengamini ucapan Supandi sekaligus menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada PLN yang telah memperhatikan dan membantu pengembangan usaha warganya dan berharap agar bantuan ini benar-benar dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh kelompok UMKM Bangkit Bersama.

“Terimakasihnya kepada PLN membantu pengembangan usaha warganya dan berharap agar bantuan ini benar-benar dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh kelompok UMKM Bangkit Bersama.”sambutnya.

Sementara itu, Ricky Haryoseno, selaku Manager PLN UPT Tanjungkarang dalam sambutannya sekaligus meresmikan pelaksanaan program TJSL menjelaskan bahwa sebagaimana yang sudah dipahami bersama.

“Bahwa PLN telah berkomitmen menjadikan tenaga listrik sebagai media untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat, mengupayakan tenaga listrik menjadi pendorong kegiatan ekonomi dan menjalankan kegiatan usaha yang berwawasan lingkungan”ucapnya.

Polisi ‘Dor’ Spesialis Curanmor di 8 TKP Berbeda di 4 Kabupaten Wilayah Lampung

Manager PLN UPT Tanjungkarang Ricky Haryoseno mengungkapkan PLN bertekad menyelaraskan pengembangan ketiga aspek dalam penyediaan listrik, yaitu ekonomi, sosial dan lingkungan.

“Untuk itu, PLN mengembangkan Program Corporate Social Responsibility (CSR) yang sekarang ini disebut menjadi Program TJSL (Tanggung Jawab Sosial & Lingkungan) sebagai wujud nyata dari Tanggungjawab Sosial Perusahaan”ungkapnya.

Lanjutnya, khusus untuk Program Kemitraan (PK) dengan Kelompok UMKM Bangkit Bersama Desa Sumbersari Bantul, Kecamatan Metro Selatan, Kota Metro ini merupakan Program Pertama yang dilaksanakan oleh PT PLN (Persero) dalam wilayah kerja PLN UPT Tanjungkarang pada tahun 2022 ini.

“Selama ini PLN UPT Tanjung Karang juga sudah melaksanakan pemberian bantuan TJSL atau CSR ini setiap satu tahun sekali yang sebelumnya lebih berorientas atau dititikberatkan pada pemberdayaan masyarakat khususnya yang bertempat tinggal di sekitar dan atau yang terkait dengan Ruang Bebas (ROW) PLN di sepanjang Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 KV PLN”jelasnya.

Lebih lanjut Ricky Haryoseno juga menyampaikan harapannya agar dengan adanya kemitraan antara PT PLN (Persero) dengan Kelompok UMKM Bangkit Bersama (lewat bantuan TJSL/CSR ini) akan dapat memberikan angin segar dan motivasi yang baik bagi kemandirian dan kemajuan ekonomi masyarakat Desa Sumbersari Bantul, Kecamatan Metro Selatan.

Guru Tanpa Gaji Sebab SK dari Tahun 2021 Tak Terbit ‘Ngadu’ ke DPRD Kota Lampung

“Khususnya serta Kota Metro pada umumnya dan lebih khusus lagi bagi Pengurus dan Anggota Kelompok UMKM Bangkit Bersama semoga dapat membantu meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi serta produktifitas dari USAHA Kerupuk Singkong dan Sale Pisang yang sedang dikembangkan ini sehingga kemudian akan dapat pula mendorong peningkatkan perekonomian masyarakat”terangnya.

Ricky Haryoseno juga mengharapkan kepada warga, para pengurus dan anggota Kelompok UMKM Bangkit Bersama khususnya, dan warga masyarakat sekitar sini, untuk dapat pula membantu dalam menjaga dan memelihara aset-aset yang merupakan objek vital Nasional milik PLN yang ada di sekitar.

“Dan sebagai timbal balik kegiatan bantuan ini, tidak berlebihan kiranya juga bila kami kemudian berharap kepada bapak dan Ibu para pengurus dan anggota Kelompok UMKM Bangkit Bersama khususnya, dan warga masyarakat sekitar sini, untuk dapat pula membantu kami dalam menjaga dan memelihara asset-asset kami yang merupakan objek vital Nasional milik PLN yang ada di sekitar sini”harapnya.

Ricky meminta kerjasamanya para warga maupun perangkat desa untuk membantu mengawasi instalasi SUTT 150 KV milik PLN agar terhindar dari segala potensi yang dapat menyebabkan gangguan sistem kelistrikan yang ada dan dapat melaporkannya kepada petugas lapangan yang ada (PGP).

“Serta meningkatkan kepeduliannya untuk ikut serta membantu kami pihak PLN dalam mengawasi instalasi SUTT 150 KV milik PLN agar terhindar dari segala potensi yang dapat menyebabkan gangguan sistem kelistrikan yang ada, misalnya bila ada pohon-pohon penggangu yang tingginya mendekati kabel konduktor atau ada anak-anak yang bermain layangan dan lain-lain, agar dapat melaporkannya kepada petugas lapangan kami yang ada (PGP) atau ke kantor PLN terdekat”.tambahnya.

Dengan demikian, Ricky diakhir sambutannya menyampaikan dengan kerjasama yang baik antara masyarakat dan pihak PT PLN dapat memberikan pelayanan yang lebih baik lagi kepada seluruh pelanggan PLN umumnya, serta khususnya bagi warga masyarakat Desa Sumbersari Bantul, Kecamatan Metro Selatan, Kota Metro.

“Semoga dengan demikian pula, kami akan semakin dapat memberikan pelayanan yang lebih baik lagi kepada seluruh pelanggan PLN umumnya, serta khususnya bagi warga masyarakat Desa Sumbersari Bantul, Kecamatan Metro Selatan, Kota Metro ini, dengan adanya listrik yang andal dan selalu menyala tanpa padam” tandasnya. [Hnf]

Exit mobile version