Meteran Listrik AMI, Pelanggan PLN Monitoring Tagihan Secara Mudah dan Akurat

Meteran Listrik AMI, Pelanggan PLN Monitoring Tagihan Secara Mudah dan Akurat

IMG 20230623 WA0079 Meteran Listrik AMI, Pelanggan PLN Monitoring Tagihan Secara Mudah dan Akurat

REAKSI.CO.ID—–Inovasi layanan kelistrikan yang dilakukan oleh PT PLN (Persero) dalam bentuk Smart Meter Advanced Metering Infrastructure (AMI) terbukti membawa manfaat yang besar.

Warga langsung merasakan kemudahan melalui monitoring tagihan listrik yang lebih akurat, sistem yang lebih aman dan pelayanan yang lebih cepat. Jakarta, 12 Juni 2023.

Imam, Ketua RT 06, Gudang Peluru Kelurahan Kebon Baru Jakarta Selatan, mengapresiasi upaya PLN dalam penggunaan sistem baru ini. Menurutnya, sistem AMI lebih akurat dan tidak menyita waktu saat menunggu petugas PLN menghitung meteran di rumah.

“Dulu petugas harus keliling tiap awal bulan, terkadang tidak bertemu dengan pemilik rumah, dengan sistem yang baru ini, kan lebih akurat dan tidak menyita waktu,” ujar Imam.

IMG 20230623 WA0081 Meteran Listrik AMI, Pelanggan PLN Monitoring Tagihan Secara Mudah dan Akurat
Meteran Listrik AMI, Pelanggan PLN Monitoring Tagihan Secara Mudah dan Akurat (Foto Ist.)

Hal senada diungkapkan oleh Maman warga Kota Bandung, Jawa Barat. Dirinya mengatakan penerapan meteran AMI membuat lebih mudah dalam pengontrolan penggunaan listrik maupun dalam hal perbaikan ketika ada kendala listrik.

“Petugas (PLN) tidak perlu lagi datang ke rumah untuk catat meter, lebih nyaman, penanganan gangguan juga lebih cepat. Saya juga dapat mengontrol pemakaian listrik dengan mudah,” ungkap Maman.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menjelaskan _Advanced Metering Infrastructure_ (AMI) sendiri merupakan
alat pengukur penggunaan listrik yang dilengkapi dengan fitur komunikasi dua arah untuk penyediaan informasi yang komprehensif.

Dengan AMI, baik PLN maupun pelanggan dapat melakukan monitoring dan kontrol secara _real-time_. AMI sendiri, tambah Darmawan, merupakan pengembangan dari AMR (_Automatic Meter Reading_), pembacaan meter otomatis dengan tambahan kemampuan penerapan tarif secara dinamis dan interkoneksi.

IMG 20230623 WA0080 Meteran Listrik AMI, Pelanggan PLN Monitoring Tagihan Secara Mudah dan Akurat
Meteran Listrik AMI, Pelanggan PLN Monitoring Tagihan Secara Mudah dan Akurat (Foto Ist.)

“Penerapan _smart meter_ berbasis AMI ini membawa banyak manfaat, seperti pembacaan data meter secara _real-time_ dan dilakukan dari jarak jauh sehingga tidak diperlukan lagi pembacaan meter ke lokasi,” jelas Darmawan.

Selanjutnya, Meteran Listrik AMI, Pelanggan PLN Monitoring Tagihan Secara Mudah dan Akurat. dengan sistem ini para pelanggan bisa mengetahui profil penggunaan energi listrik sekaligus tagihan listrik berjalan. Pelanggan juga bisa menghitung energi listrik secara mandiri melalui aplikasi PLN Mobile.

Tidak hanya membawa manfaat dari sisi pelanggan, Darmawan menambahkan penerapan AMI telah terbukti mampu menghemat penggunaan energi, dan menekan biaya operasional perusahaan untuk pengecekan meter secara langsung.

“Di Austria misalnya, penerapan AMI tercatat mampu menghemat energi hingga 55 persen dan menghemat biaya operasional hingga 19 persen. Sementara di Belanda mampu menghemat 15 persen energi, dan menekan biaya operasional hingga 15 persen”, pungkas Darmawan.

*Narahubung*
Gregorius Adi Trianto
Executive Vice President Komunikasi Korporat & TJSL PLN
Tlp. 021 7261122
Facs. 021 7227059

*Sekilas Tentang PLN*
_PT PLN (Persero) adalah BUMN kelistrikan yang terus berkomitmen dan berinovasi menjalankan misi besar menerangi dan menggerakkan negeri. Memiliki visi menjadi perusahaan listrik terkemuka se-Asia Tenggara, PLN bergerak menjadi pilihan nomor 1 pelanggan untuk Solusi Energi. PLN mengusung agenda Transformasi dengan aspirasi Green, Lean, Innovative, dan Customer Focused demi menghadirkan listrik untuk Kehidupan yang Lebih Baik. PLN dapat dihubungi melalui aplikasi PLN Mobile yang tersedia di PlayStore atau AppStore. (Rls)